Fenrir Engineering – Kampas kopling ganda motor matic (centrifugal clutch) adalah suatu komponen penting pada sistem transmisi CVT motor matic. Posisinya terdapat pada puli sekunder di bagian belakang (secondary pulley), dengan fungsi untuk menyalurkan tenaga putaran mesin sampai ke roda belakang motor matic.

Seiring dengan RPM putaran mesin yang semakin meningkat, gaya sentrifugal akan tercipta dan membuat posisi kampas kopling ganda (centrifugal clutch) terbuka  hingga menyentuh permukaan bagian dalam mangkok kampas ganda (clutch housing). Kemudian mangkok ganda (clutch housing) akan ikut berputar dan kemudian dikonversi melalui gigi reduksi agar seimbang, sebelum sampai ke roda belakang motor matic.

Banyak pengguna motor matic mengalami masalah tarikan kurang responsif & kurang bertenaga, hingga kehilangan tenaga (power loss) khususnya pada saat tanjakan.

Kurangnya respon tarikan & tenaga (power loss) pada motor matik dapat disebabkan oleh beberapa faktor sbb:

  • Konstruksi desain kampas kopling ganda kurang presisi (Menurunkan performa kerja secara keseluruhan).
  •  Karakteristik per sentri terlalu empuk / terlalu keras (Tidak stabil diberbagai rentang RPM putaran mesin).
  •  Terjadi slip, karena kualitas material lining kampas ganda yang kurang baik (Daya koefisien gesek rendah).
  •  Dimensi lining terlalu lebar / kurang lebar, sehingga bidang kontak kampas dengan permukaan mangkok ganda menjadi tidak maksimal.

Beberapa faktor diatas menyebabkan kampas kopling ganda dan mangkok ganda tidak dapat bersentuhan / menapak dengan sempurna, sehingga terjadi slip yang kemudian mengakibatkan berkurangnya torsi tarikan awal dan tenaga (power loss). Sehingga tenaga dari putaran mesin tidak dapat disalurkan dengan maksimal oleh kampas kopling ganda sampai keroda belakang motor metik.

Fenrir F1B Advance Centrifugal Clutch Assy  adalah kampas kopling ganda motor matic yang dirancang khusus untuk memberikan performa diatas rata – rata, dibandingkan dengan kampas ganda original standar bawaan pabrik, untuk mengatasi masalah tarikan lemot dan power loss pada motor matic.

Spesifikasi:

* TURBINE SEATER: Desain dudukan (seater) model turbin:

  • Max Circulation: Memaksimalkan sirkulasi udara di ruang CVT.
  • Cooling Fin: Desain seater dengan sirip (Open fin), menurunkan suhu ruang CVT seiring putaran secondary pulley.
  • Anti Dust Trap: Membuang Debu & meminimalis Residu yang terperangkap.

* Formulasi material Feramic Brass: Ferrous + ceramic + Brass + Kevlar (Para-Aramid).

  • High temp resistance: Tahan pada suhu ekstrim diatas rata – rata (Up to 380°C).
  • Power-grip: Daya cengkram maksimal diberbagai tingkat suhu berbeda.
  • High Durability: Memiliki tingkat ketahanan yang baik, awet dan tahan lama.

* Desain & dimensi lining dengan dimensi khusus untuk memaksimalkan bidang kontak kampas ganda dengan mangkok Ganda CVT (Clutch Housing).

  • Anti-slip: Memiliki daya koefisien gesek yang tinggi.
  • PNP – Plug & Play: Presisi dengan tingkat akurasi yang tinggi (ODM – Original Design Manufacturer).
  • Power-Burst: Mengatasi masalah power loss pada medan tanjakan.

 * Didukung dengan per sentri baja 1200 RPM high tension spring. Responsif & stabil di berbagai rentang RPM putaran mesin.

  • High Burst Torque: Menghasilkan torsi dan tarikan maksimal.
  • High Performance: Menghasilkan performa konsisten disegala medan dan kondisi.
  • Power save: Menjaga tenaga putaran mesin agar tetap maksimal diberbagai rentang RPM.

* Dilengkapi dengan Center Plate Stabilizer.

  • Center Distribution: Mendistribusikan daya sentrifugal dengan merata.
  • Structure Reinforcement: Memperkuat struktur kampas ganda secara keseluruhan.
  • Specific Plate Design: Plat dengan desain khusus, menekuk kedalam dibagian pin pengunci .

* Seluruh komponen kampas ganda telah melalui proses hardening untuk mencegah deformasi pada suhu tinggi.

APLIKASI:

  • F1B (Fenrir Clutch System) – Kampas kopling ganda Fenrir dapat digunakan untuk motor harian, hingga di kompetisi balapan yang menuntut performa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan suku cadang standar pabrikan / genuine OEM.
  • Kampas kopling CVT Fenrir Clutch Set – dirancang khusus untuk meningkatkan performa motor Honda 110cc.
  • Fenrir Clutch Set (F1B) didesain khusus untuk semua jenis tipe motor matic Honda 110cc.

Catatan:

Gunakan satu paket Kampas Kopling Set FCS (Fenrir Clutch System) dengan Mangkok Kampas Ganda FCH (Fenrir Clutch Housing) untuk performa maksimal.

Perhatian!

  • Pastikan komponen lainnya yang saling berhubungan dalam kondisi baik dan layak pada  saat instalasi!
  • Lakukan pengecekan komponen dan servis CVT secara rutin! Maksimal per 8000 Km.
  • Pastikan seal kruk as puli primer bagian depan dan puli sekunder bagian belakang tidak mengalami kebocoran! Ganti bila diperlukan!
  • Hindari penggunaan Grease / Gemuk biasa. Gunakan selalu grease khusus CVT untuk mendapatkan performa terbaik dan menghindari kerusakan pada komponen Puli CVT. AWAS gemuk CVT palsu!

 

Rekomendasi:

* Gunakan Roller Fenrir seri F4 untuk mendapatkan performa terbaik dari Kampas Kopling Ganda CVT Set Fenrir FCS.

> Spesifikasi lengkap Roller Fenrir F4 Series, (Klik Gambar)

* Gunakan Slide Piece / Karet Slider Fenrir seri F3 untuk memaksimalkan pergerakan variator.

> Spesifikasi lengkap Slide Piece Fenrir F3, (Klik Gambar)

* Gunakan Gemuk CVT / CVT Grease Fenrir F5 untuk menunjang performa kerja puli primer & sekunder secara menyeluruh.

> Spesifikasi lengkap CVT Grease Fenrir F5, (Klik Gambar)

Pastikan kampas kopling ganda yang anda gunakan memiliki kualitas material dan desain konstruksi yang baik!