Fenrir F6 - Repair & Upgrade Centrifugal Clutch Kit

“Fenrir F6 dirancang khusus untuk memperbaiki dan meningkatkan mekanisme kerja kampas ganda pada puli sekunder dibagian belakang, agar tenaga mesin dapat tersalurkan dengan maksimal sampai ke roda belakang motor matic”.

Fenrir F6 – Transfer tenaga mesin sampai ke roda belakang motor metik didukung dengan komponen kampas ganda, yang berfungsi untuk menyalurkan dan memutus arus tenaga dari putaran mesin.

Fungsi kerja kampas ganda itu sendiri, juga didukung dengan beberapa komponen vital, seperti:

  • Per sentri (Centrifugal spring), yang bertugas untuk mengatur bukaan kampas ganda pada saat berakselerasi dan menarik kampas ganda pada saat dekselerasi,  hingga kembali ke posisi awal / kondisi diam (idle / stasioner).
  •  Pada saat motor metik dikondisi diam / stasioner, posisi kampas ganda akan menutup dan di topang dengan komponen karet ganda (Dumper / stopper clutch).

Fenrir F6 - Repair & Upgrade Centrifugal Clutch Kit

Dua komponen pendukung tersebut diatas, sangat mempengaruhi kinerja kampas ganda yang berdampak kepada performa motor matik itu sendiri.

Jika terdapat kerusakan dari salah satu komponen pendukung diatas, maka kampas ganda tidak dapat bekerja dengan maksimal dan performa motor matik otomatis akan menurun. Gejala yang akan timbul adalah, sbb:

  • Tarikan awal motor metik menjadi lebih berat dan tidak responsif.
  • Terjadi getaran pada saat awalan start atau biasa disebut dengan “masalah gredek pada motor matik”.
  • Dibutuhkan putaran gas ekstra pada saat awalan start, terutama saat membawa beban berat atau dikondisi jalan menanjak.
  • Terjadi gejala slip kopling di RPM menengah dan atas, akibat kondisi per sentri yang mulai melemah.
  • Suhu temperatur di ruang CVT meningkat drastis, akibat kampas kopling ganda gagal mencengkram mangkok ganda (Clutch Housing) dengan maksimal, sehingga terjadi gesekan secara terus – menerus.

Masalah diatas tidak hanya dialami pada kondisi kampas ganda yang mulai terkikis / aus, tetapi juga sering dialami oleh kampas ganda metik yang masih tebal.

Hal ini rata – rata disebabkan oleh komponen karet stopper / damper kampas ganda yang sudah mulai aus / mengalami perubahan bentuk / gepeng, sehingga posisi kampas ganda menjadi lebih rendah dari batas normal pada saat sepenuhnya menutup di kondisi stasioner, kondisi ini juga mempengaruhi stabilitas dan fungsi kerja per sentrifugal dengan beban kerja yang lebih berat.

Fenrir repair kit Fenrir F6 dirancang khusus untuk mengatasi masalah tersebut diatas dengan cara paling efisien dan efektif.

Spesifikasi Fenrir F6:

Fenrir F6 - Repair & Upgrade Centrifugal Clutch Kit

  • Per sentrifugal baja full hardened dengan diameter 1,4mm 1100 RPM, 7 ulir (0.5 + 6 + 0.5). Kuat, stabil dan tahan lama.
  • Material karet ganda (Dumper / stopper) Nitrile Butadiene Rubber: Meredam secara maksimal, dengan tingkat densitas yang tinggi dan mampu mencegah deformasi saat menerima beban tekanan / benturan. 
  • Brass Pivot Bushing – Poros bushing kuningan untuk mencegah dudukan (clutch seater) dari kerusakan.
  • Chemical Resistance – Tahan terhadap zat kimia seperti BBM, oli dan lainnya.
  • Extended Durability – Memiliki durasi masa pakai berkali – kali lipat dibandingkan dengan komponen standar OEM & ODM.
  • Hi-Temp Resistance – Tahan terhadap suhu temperatur tinggi di dalam ruang CVT.

Perhatian!

  • Pastikan komponen lainnya yang saling berhubungan dalam kondisi baik dan layak pada         saat instalasi!
  • Lakukan pengecekan komponen dan servis CVT secara rutin! Maksimal per 8000 Km.
  • Pastikan seal kruk as puli primer bagian depan dan puli sekunder bagian belakang tidak mengalami kebocoran! Ganti bila diperlukan!
  • Hindari penggunaan Grease / Gemuk biasa. Gunakan selalu grease khusus CVT untuk menunjang performa dan menghindari kerusakan komponen Puli CVT. Waspada terhadap gemuk CVT palsu!

Terlepas dari kualitas dan konstruksi desain yang kurang baik, kebiasaan dan gaya berkendara juga bisa mempersingkat umur komponen CVT.

Sering dijumpai pengendara motor matik dijalan raya pada saat kondisi melaju (gas terbuka), tetapi lampu rem menyala. Pengendara menekan rem secara tidak sadar pada saat motor metik berakselerasi dan juga kebiasaan menggantung gas pada saat kondisi motor matik berhenti, atau gas dan rem dilakukan secara bersamaan demi mengimbangi motor di kondisi jalan macet (padat merayap).

Fenrir F6 - Repair & Upgrade Centrifugal Clutch Kit

Pastikan komponen pendukung kampas kopling ganda motor matik anda memiliki kualitas material yang baik dengan konstruksi desain yang sesuai!

Rekomendasi:

* Gunakan Roller Fenrir seri F4 untuk menghasilkan performa terbaik dari sistem Kopling Ganda CVT Set Fenrir F1R.

> Spesifikasi lengkap Roller Fenrir F4 Series, (Silahkan Click gambar dibawah)

Fenrir F6 - Repair & Upgrade Centrifugal Clutch Kit

* Gunakan Slide Piece / Karet Slider Fenrir seri F3 untuk memaksimalkan pergerakan variator.

> Spesifikasi lengkap Slide Piece Fenrir F3, (Silahkan Click gambar dibawah)

Fenrir F6 - Repair & Upgrade Centrifugal Clutch Kit

* Gunakan Gemuk CVT / CVT Grease Fenrir F5 untuk menunjang performa kerja puli primer & sekunder secara menyeluruh.

> Spesifikasi lengkap CVT Grease Fenrir F5, (Silahkan Click gambar dibawah)

Fenrir F6 - Repair & Upgrade Centrifugal Clutch Kit

Fenrir Engineering