Advance centrifugal Clutch assy

Fenrir Engineering – Kampas kopling ganda motor matic (centrifugal clutch) adalah suatu komponen penting pada sistem transmisi CVT motor matic. Posisinya terdapat pada puli sekunder di bagian belakang (secondary pulley), dengan fungsi untuk menyalurkan tenaga putaran mesin sampai ke roda belakang motor matic.

Seiring dengan RPM putaran mesin yang semakin meningkat, gaya sentrifugal akan tercipta dan membuat posisi kampas kopling ganda (centrifugal clutch) terbuka  hingga menyentuh permukaan bagian dalam mangkok kampas ganda (clutch housing). Kemudian mangkok ganda (clutch housing) akan ikut berputar dan kemudian dikonversi melalui gigi reduksi agar seimbang, sebelum sampai ke roda belakang motor matic.

Banyak pengguna motor matic mengalami masalah tarikan kurang responsif & kurang bertenaga, hingga kehilangan tenaga (power loss) khususnya pada saat tanjakan.

Kurangnya respon tarikan & tenaga (power loss) pada motor matik dapat disebabkan oleh beberapa faktor sbb:

  • Konstruksi desain kampas kopling ganda kurang presisi (Menurunkan performa kerja secara keseluruhan). 
  • Karakteristik per sentri terlalu empuk / terlalu keras (Tidak stabil diberbagai rentang RPM putaran mesin). 
  • Terjadi slip, karena kualitas material lining kampas ganda yang kurang baik (Daya koefisien gesek rendah). 
  • Dimensi lining terlalu lebar / kurang lebar, sehingga bidang kontak kampas dengan permukaan mangkok ganda menjadi tidak maksimal.

Beberapa faktor diatas menyebabkan kampas kopling ganda dan mangkok ganda tidak dapat bersentuhan / menapak dengan sempurna, sehingga terjadi slip yang kemudian mengakibatkan berkurangnya torsi tarikan awal dan tenaga (power loss). Sehingga tenaga dari putaran mesin tidak dapat disalurkan dengan maksimal oleh kampas kopling ganda sampai keroda belakang motor metik.

Advance centrifugal Clutch assy

Fenrir F2 Advance Centrifugal Clutch Assy  adalah kampas kopling ganda motor matic yang dirancang khusus untuk memberikan performa diatas rata – rata, dibandingkan dengan kampas ganda original standar bawaan pabrik, untuk mengatasi masalah tarikan lemot dan power loss pada motor matic.

Spesifikasi Kampas Kopling Ganda F2 Advance Centrifugal Clutch Assy:

Advance centrifugal Clutch assy

  • Terbuat dari material Feramic Brass: Ferrous + ceramic +Brass.
  • Dimensi lining kampas lebih lebar dibandingkan dengan lining kampas ganda standar bawaan pabrik, berfungsi untuk memaksimalkan bidang kontak dengan permukaan mangkok ganda.
  • Dilengkapi dengan per sentri baja 1200 RPM high tension spring. Responsif & stabil di berbagai rentang RPM putaran mesin.
  • Desain dudukan (seater) model turbin, dengan fungsi untuk memaksimalkan sirkulasi udara di ruang CVT dan juga berfungsi untuk membantu membuang debu / residu yang terperangkap .
  • Seluruh komponen kampas ganda telah melalui proses hardening untuk mencegah deformasi pada suhu tinggi.

Kelebihan Kampas Kopling Ganda F2 Advance Centrifugal Clutch Assy:

  • Power save: Menjaga tenaga putaran mesin agar tetap maksimal diberbagai rentang RPM.
  • High Performance: Menghasilkan performa konsisten disegala medan dan kondisi.
  • High temp resistance: Tahan pada suhu ekstrim diatas rata – rata (Up to 380°C).
  • High Durability: Memiliki tingkat ketahanan yang baik, awet dan tahan lama.
  • Power-grip: Daya cengkram maksimal diberbagai tingkat suhu berbeda.
  • PNP – Plug & Play: Dimensi akurat sesuai dengan standar pabrikan.
  • High Burst Torque: Torsi tarikan lebih responsif dan stabil.
  • Anti – slip: Memiliki daya koefisien gesek yang tinggi.

Perhatian!

  • Pastikan komponen CVT lainnya yang saling berhubungan dalam kondisi baik dan layak pada saat instalasi!
  • Lakukan pengecekan komponen dan servis CVT secara rutin! Maksimal per 8000 Km.
  • Pastikan seal puli sekunder dibagian belakang dan seal kruk as puli primer dibagian depan tidak mengalami kebocoran! Ganti bila diperlukan!
  • Hindari penggunaan Grease / Gemuk biasa. Gunakan selalu grease khusus CVT untuk menunjang performa dan menghindari kerusakan komponen Puli CVT. Waspada terhadap gemuk CVT palsu!

Instruksi!

* Fenrir CVT Grease F5 sudah termasuk didalam paket pembelian kampas kopling ganda assy F2.

Advance centrifugal Clutch assy

  1. Gunakan CVT Grease F5 untuk melumasi jalur pin puli / paku puli pada puli sekunder bagian belakang!

Advance centrifugal Clutch assy

  1. Lumasi celah dibagian tengah rumah roller / variator pada puli primer dibagian depan!

*Lakukan kedua langkah diatas sebelum proses instalasi kampas kopling ganda F2 dilakukan!

 Penggunaan:

* Kampas Kopling Ganda Assy Fenrir F2 cocok digunakan untuk rider harian yang menuntut performa lebih maksimal dan stabil diberbagai kondisi medan berbeda.

* F2 Advance Centrifugal Clutch Assy dirancang khusus untuk meningkatkan performa motor matic:

– Yamaha: 2DP – B6H – B65 – BEJ – B3W – 2PH – B5D – B63 – 2SX – BY8

– Honda: KVB – K0W – KWN – K36J – K97 – KZR – K35 – K36 – K1Z – K2S

(keterangan Kode mengacu kepada tabel unit motor).

Rekomendasi:

* Gunakan Roller Fenrir seri F4 untuk menghasilkan performa terbaik dari Kampas Kopling Ganda Assy Fenrir F2.

> Spesifikasi lengkap Roller Fenrir F4 Series, (Silahkan Click gambar dibawah)

Advance centrifugal Clutch assy

* Gunakan Slide Piece / Karet Slider Fenrir seri F3 untuk memaksimalkan pergerakan variator.

> Spesifikasi lengkap Slide Piece Fenrir F3, (Silahkan Click gambar dibawah)

Advance centrifugal Clutch assy

* Gunakan Gemuk CVT / CVT Grease Fenrir F5 untuk menunjang performa kerja puli primer & sekunder secara menyeluruh.

> Spesifikasi lengkap CVT Grease Fenrir F5, (Silahkan Click gambar dibawah)

Advance centrifugal Clutch assy

Pastikan komponen kampas ganda yang anda gunakan memiliki kualitas material dan juga desain konstruksi yang baik!

Advance centrifugal Clutch assy

Fenrir F22