kampas rem Fenrir

Kampas Rem Fenrir

Kampas rem cakram adalah suatu komponen penting dari suatu sistem pengereman yang menggunakan piring cakram / disc brake / brake rotor sebagai media gesek dari kampas rem itu sendiri. Sejarah konsep rem cakram pertama sebagai alternatif dari sistem rem tromol yang menggunakan Sepatu rem / brake shoe sudah ada sejak tahun 1902.

Fungsi dan Cara Kerja Kampas Rem Cakram / Disc Pad

Kampas rem cakram mengubah energi kinetik dari laju suatu kendaraan menjadi energi panas yang dihasilkan melalui gesekan kampas dan piring cakram. Saat rem diaktifkan secara hidrolik (pedal rem di injak pada mobil atau handel rem di tekan pada motor), piston kaliper akan mendorong kampas rem hingga menjepit piring cakram yang berputar seiring dengan putaran roda, untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.

Kampas Rem Fenrir

Bagian dari kampas rem cakram / disc pad terdiri dari plat baja sebagai basis penyangga dudukan kompon yang tersusun dari berbagai zat campuran yang saling terikat dan kemudian membentuk suatu bahan yang mampu mencengkram pada saat gesekan terjadi diantara kedua permukaan padat, seperti pada kondisi saat rem diaktifkan dengan menekan hendel rem pada sepeda motor yang kemudian membuat piston kaliper mendorong kampas rem hingga menyentuh / bergesekan dengan piring cakram.

Saat kampas rem menjadi panas akibat gesekan dengan piring cakram / disc brake, kampas rem memindahkan sejumlah kecil bahan / kompon kampas rem ke permukaan piring cakram dan kemudian menjadi lapisan yang umumnya berwarna abu-abu kusam, tergantung dari sifat material dan bahan penyusun kampas rem itu sendiri.

Kampas Rem Original VS Aftermarket

Sebagian besar produsen kendaraan merekomendasikan jenis kompon kampas rem tertentu, menyesuaikan dengan spesifikasi kendaraan mereka, disebut grade standar pabrikan atau biasa disebut ori / genuine / OEM – Original Equipment Manufacturer.

Namun jenis kompon kampas rem dapat diubah, bisa ditingkatkan / dikurangi dengan menggunakan kampas rem aftermarket / merek lain diluar dari merek produsen kendaraan anda. Ada 2 opsi bagi konsumen untuk mengganti kampas rem standar dengan kampas rem aftermarket, berdasarkan kebutuhan dan peruntukannya: Satu hal adalah untuk mengejar efisiensi dengan harga beli lebih murah dengan konsekuensi penurunan performa dan opsi lainnya adalah untuk meningkatkan performa kerja sistem pengereman kendaraan dengan harga beli lebih mahal dibandingkan dengan harga kampas rem original.

Kampas Rem Fenrir

Konsumen harus lebih jeli saat memilih dan membeli kampas rem aftermarket / non original dengan beragam pilihan merek yang banyak beredar dipasaran. Setiap jenis kampas rem dengan merek berbeda, pastinya juga memiliki spesifikasi dan jenis bahan penyusun kampas rem yang berbeda.

Kenapa Kampas Rem Motor Anda Cepat Habis? Ini Penyebabnya!

Memilih dan mengganti kampas rem motor original dengan kampas rem motor aftermarket (merek lain) harus disesuaikan dengan gaya berkendara dan juga kebutuhan, dengan tetap memperhatikan kualitas dan mengutamakan keselamatan sebagai prioritas.

Pastikan material kampas rem yang anda gunakan memiliki kualitas yang baik, agar sistem pengereman anda dapat berfungsi secara maksimal untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan pada saat berkendara.

Kampas Rem Fenrir Power Brake Pad

Kampas Rem Fenrir

Kampas rem Fenrir Power Brake diciptakan dengan menggunakan teknologi inovatif untuk menghasilkan formulasi bahan friksi / friction material khusus yang mampu meningkatkan sistem pengereman sepeda motor secara menyeluruh. Fenrir Power Brake menawarkan performa pengereman jauh lebih baik dibandingkan dengan kampas rem standar bawaan pabrikan, dengan kemampuan Lebih tahan panas dan cepat melepas panas, sehingga performa pengereman yang stabil dan konsisten dapat dihasilkan dengan jarak pengereman lebih dekat (pakem).

Power Brake pad dirancang untuk bertahan di kondisi ekstrim, untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pengendara yang berbeda, mulai dari kondisi berkendara normal harian hingga ke ajang kompetisi balap.

Fenrir Power Brake dibagi manjadi 3 Stage: S1, S2 & S3 berdasarkan spesifikasi performa dan jenis sepeda motor.

Fenrir Power Brake S1 (Stage 1)

Kampas Rem Fenrir

Kampas Rem Fenrir Power-Brake S1 didesain secara spesifik berdasarkan bobot, jenis sepeda motor / skuter sesuai dengan teknologi mesin berkapasitas 100cc – 350cc.

Dirancang khusus untuk memaksimalkan dan menunjang sistem pengereman sepeda motor secara keseluruhan, dengan memberikan daya cengkram lebih kuat dibandingkan dengan kampas rem standar bawaan pabrikan.

Performa kampas rem Fenrir Power Brake S1 tetap stabil bekerja secara konsisten diberbagai tingkat suhu dan kondisi cuaca berbeda, guna menunjang keselamatan dan juga untuk mengakomodasi rider dengan gaya berkendara berbeda (Normal to Speed Rider).

Kampas Rem Fenrir

Kelebihan kampas rem Fenrir Power Brake S1:

  • Material: Carbon metallic content (copper powder) & ceramic fusion withDuPont™ Kevlar®. (DuPont™ and Kevlar® are trademarks or registered trademarks of affiliates of DuPont de Nemours, Inc)
  • Power Grip – Daya henti maksimal dengan jarak pengereman lebih dekat / lebih pendek.
  • Wide Modulation – Nyaman di operasikan dengan tingkat modulasi yang luas untuk meningkatkan sensitifitas pada tuas rem, saat rem dioperasikan (Good Handle feel).
  • Heat sink formulation – Formulasi material kompon dirancang untuk meredam panas secara optimal, berfungsi untuk memberikan daya henti yang handal secara konsisten.
  • High Durability – Daya reduksi transfer panas dapat memperpanjang usia pakai kampas rem, piring cakram dan juga komponen sistem pengeraman lainnya yang saling berhubungan, seperti: Seal, selang rem dan untuk menjaga suhu minyak rem agar tidak mudah mendidih.
  • High Temp Resistance – Menjaga daya pengeraman agar tetap maksimal dan stabil / tidak memudar (Brake Fade) di kondisi suhu temperatur tinggi diatas rata-rata.
  • Corrosion-Resistant 3mm Backplate – Plat dudukan 3mm dengan zat anti karat untuk mencegah korosi akibat perubahan cuaca dan deformasi pada suhu tinggi.
  • Advanced Slots – Dilengkapi dengan celah di permukaan kompon, yang berfungsi untuk menyerap getaran dan mengurangi kebisingan. (Note: Tidak semua tipe kampas rem rem Fenrir dilengkapi dengan celah / slot, celah disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya)

Fenrir Power Brake S2 (Stage 2)

Kampas Rem Fenrir

Kampas Rem Fenrir Power-Brake S2 didesain secara spesifik berdasarkan jenis sepeda motor / skuter, sesuai dengan bobot dan teknologi mesin berkapasitas >350cc – 700cc.

Dirancang khusus untuk memaksimalkan dan menunjang sistem pengereman sepeda motor/skuter secara keseluruhan, dengan memberikan daya cengkram yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan kampas rem standar bawaan pabrikan.

Performa kampas rem Fenrir Power Brake S2 tetap stabil bekerja dengan konsisten diberbagai tingkat suhu tinggi diatas rata – rata dan juga di kondisi cuaca berbeda, guna menunjang keselamatan dan juga untuk mengakomodasi rider dengan gaya berkendara yang berbeda (Normal, Speed Rider to sport rider).

Kampas Rem Fenrir

Kelebihan kampas rem Fenrir Power Brake S2:

  • Material: High carbon metallic content (copper powder) & ceramic fusion with DuPont™ Kevlar®. (DuPont™ and Kevlar® are trademarks or registered trademarks of affiliates of DuPont de Nemours, Inc)
  • Power Grip – Daya henti maksimal dengan jarak pengereman jauh lebih dekat / lebih pendek.
  • Wide Modulation – Nyaman di operasikan dengan tingkatan modulasi lebih luas untuk meningkatkan sensitifitas pada tuas rem, saat rem dioperasikan (Comfortable Handle feel).
  • Heat sink formulation – Formulasi material kompon dirancang untuk meredam panas secara maksimal, berfungsi untuk memberikan daya henti secara konsisten dan dapat selalu diandalkan.
  • High Durability – Daya reduksi transfer panas yang tinggi (good heat cycle conduction), untuk memperpanjang usia pakai kampas rem, piring cakram dan juga komponen sistem pengeraman lainnya yang saling berhubungan, seperti: Seal, selang rem dan untuk menjaga suhu minyak rem agar tidak mudah mendidih.
  • High Temp Resistance – Menjaga daya pengeraman agar tetap maksimal dan stabil / tidak mudah memudar (Brake Fade) dalam kondisi suhu temperatur tinggi diatas rata-rata.
  • Corrosion-Resistant 3mm Backplate – Plat dudukan 3mm dengan zat anti karat untuk mencegah korosi akibat perubahan cuaca dan deformasi pada suhu tinggi diatas rata-rata.
  • Advanced Slots – Dilengkapi dengan celah di permukaan kompon, yang berfungsi untuk menyerap getaran dan mengurangi kebisingan. (Note: Tidak semua tipe kampas rem Fenrir dilengkapi dengan celah / slot, celah disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya).

Fenrir Power Brake S3 (Stage 3) – Sintered

Kampas Rem Fenrir

Kampas Rem Fenrir Power-Brake S3 Sintered didesain secara spesifik berdasarkan jenis sepeda motor, sesuai dengan bobot dan teknologi mesin berkapasitas >700cc – 2000cc.

Dirancang khusus untuk memaksimalkan dan menunjang sistem pengereman sepeda motor secara keseluruhan, dengan memberikan daya cengkram lebih kuat dibandingkan dengan kampas rem standar bawaan pabrikan.

Performa kampas rem Fenrir Power Brake S3 tetap stabil dan mampu bekerja secara maksimal diberbagai tingkatan suhu, hingga pada suhu extrim sekalipun di kondisi cuaca berbeda, guna menunjang keselamatan dan juga untuk mengakomodasi rider dengan gaya berkendara yang berbeda (Normal, Sport Rider and racer in race track / closed circuit).

Kampas Rem Fenrir

Kelebihan kampas rem Fenrir Power Brake S3 – Sintered:

  • Material: High carbon metallic content (Zicronium – Copper based) & DuPont™ Kevlar® (All fuse together with Sintering process). (DuPont™ and Kevlar® are trademarks or registered trademarks of affiliates of DuPont de Nemours, Inc)
  • Power Grip – Daya henti maksimal dengan jarak pengereman jauh lebih dekat / lebih pendek.
  • Wide Range Modulation – Nyaman di operasikan dengan tingkat modulasi sangat luas untuk meningkatkan sensitifitas pada tuas rem, saat rem dioperasikan (Good & comfortable Handle feel).
  • High Heat sink formulation – Formulasi material kompon dirancang untuk meredam panas secara maksimal, berfungsi untuk memberikan daya henti secara konsisten yang dapat selalu diandalkan diberbagai situasi dan kondisi.
  • High Durability – Kemampuan daya reduksi transfer panas yang sangat tinggi (Good heat cycle conduction with quick recovery), untuk memperpanjang usia pakai kampas rem, piring cakram dan juga komponen sistem pengeraman lainnya yang saling berhubungan, seperti: Seal, selang rem dan untuk menjaga suhu minyak rem agar tidak mudah mendidih.
  • High Temp Resistance – Menjaga daya pengeraman agar tetap maksimal dan stabil / tidak memudar (Brake Fade) di kondisi suhu temperatur extrim.
  • Corrosion-Resistant 3mm – 4mm Backplate – Plat dudukan 3mm – 4mm (Ketebalan plat di setiap tipe menyesuaikan & mengacu kepada standarisasi pabrikan / ODM – Original Desain Manufacturer) dengan zat anti karat untuk mencegah korosi akibat perubahan cuaca dan deformasi pada suhu temperatur extrim.
  • Advanced Slots – Dilengkapi dengan celah di permukaan kompon, yang berfungsi untuk menyerap getaran dan mengurangi kebisingan. (Note: Tidak semua tipe kampas rem rem Fenrir dilengkapi dengan celah / slot, celah disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya)

Perhatian!!!

Kampas Rem Fenrir

* Bersihkan & pastikan seluruh komponen pendukung sistem pengereman yang saling berhubungan dalam kondisi baik dan layak pada saat instalasi!

* Pastikan volume minyak rem dalam jumlah yang tepat (kuras jika diperlukan)!

* Cek piston kaliper, bersihkan dan pastikan tidak ada karat / kotoran yang menempel, agar transfer tekanan secara hidrolik kepada kampas rem dapat tersalurkan dengan maksimal!

* Cek seal piston kaliper. Pastikan tidak ada kerusakan / goresan dan tidak keras / getas seiring umur pemakaian, ganti jika diperlukan!

* Bersihkan dan lumasi pin kaliper, untuk mencegah hambatan gerakan axial (Kanan-kiri), agar tekanan piston kaliper dapat bekerja maksimal untuk mendorong kampas rem!

 

FENRIR POWER BRAKE PAD

“Keep Riding – No Fading”