Sejarah kampas rem cakram

Sejarah Teknologi Sistem Rem Cakram pada kendaraan

Sejarah konsep rem cakram pertama sebagai pengganti sistem rem tromol sudah ada sejak awal dipatenkan oleh F. W. Lanchester di tahun 1902, tepatnya paten sitem rem cakram No. 26,407  dikeluarkan pada tanggal 1 December 1902.

Sejarah kampas rem cakram

Karena biaya yang jauh lebih tinggi berbanding dengan sistem rem tromol pada saat itu, sistem rem cakram dinilai tidak efisien dan konsep rem cakram kemudian baru mulai dikembangkan dan diterapkan setelah usai Perang Dunia II.

Sejarah kampas rem cakram

Teknologi rem cakram kemudian mulai fokus di kembangkan dengan performa pengereman yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem rem tromol konvensional. Perhatian pada pengembangan sistem rem cakram untuk mobil berangkat dari maraknya balap mobil di era 1910 hingga 1950-an.

Sejarah kampas rem cakram

Perbedaan performa paling mencolok terlihat di tahun 1953 ketika sebuah mobil Jaguar C Type yang dilengkapi sistem rem cakram memenangkan perlombaan Grand Prix Ketahanan 24 Jam Le Mans. Keberhasilan Jaguar didukung dengan teknologi rem cakram yang diaplikasikan pada mobil balapanya, yang memungkinkan pengemudi untuk mempersingkat waktu pengeremen dari lawannya, pada saat memasuki tikungan dengan jauh lebih cepat dan stabil.

Rem cakram awalnya hanya fokus dikembangkan untuk mobil dan perlu lompatan sejarah hingga tahun 1969 untuk bisa di apliaksikan kepada sepeda motor, seiring dengan pembaharuan teknologinya. Dalam perjalannya, baru di tahun 1962 sistem rem cakram pertama kali digunakan pada kendaraan roda dua.

Sejarah kampas rem cakram

1962 Lambretta TV 175 Series 3

Walau belum sempurna seperti sistem rem cakram yang kita kenal pada saat ini, Skuter Lambretta TV175 Seri 3 mengklaim sebagai kendaraan roda dua pertama yang menggunakan sistem rem cakram.

Sejarah kampas rem cakram

Namun sepeda motor produksi pertama yang menggunakan sistem rem cakram adalah Honda CB750 Four, yang pertama kali ditampilkan di pertunjukan Tokyo show di tahun 1968, yang kemudian baru mulai dipasarkan di tahun 1969 dan BMW dengan sepeda motornya adalah yang pertama kali memperkenalkan sistem ABS – Anti Lock Braking system yang kemudian mulai populer pada tahun 1989.

Posted in News and tagged , , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *