Roller Nmax

Roller CVT Motor Matic Yang Cocok Buat Yamaha NMAX

Roller Nmax

Fenrir_EngineeringGanti roller CVT NMAX dengan berat roller lebih enteng dibandingkan dengan berat roller standar Motor Matic NMAX berat 13 gram bisa bikin torsi tarikan motor matic NMAX semakin meningkat, tetapi top speed jadi menurun, alias nafas motor matic NMAX anda jadi lebih pendek.

Sebaliknya, pakai roller lebih berat pada mesin NMAX standar 155cc, tarikan awalan Motor Matic NMAX malah jadi berat / lemot, walau nafas jadi lebih panjang, tetapi top speed tetap sulit dicapai karena tidak sesuai dengan output power atau tenaga yang dikeluarkan oleh mesin NMAX standar.

Pakai roller apa agar tarikan dan top speed motor matic NMAX bisa maksimal? Mau Tarikan bawah skuter maxi NMAX bisa ngacir tapi juga tidak mengorbankan top speed? Ingin Modifikasi CVT dengan cara simpel, aman, PNP dan hemat biaya? Simak informasi dibawah ini!

Roller Nmax

Yamaha NMAX bisa dibilang sebagai salah satu Motor Matic paling laris dipasaran dan menjadi Motor Matic terfavorit dikalangan masyarakat IndonesiaSkutik NMAX di disain secara ergonomis dengan posisi riding yang nyaman, pengguna NMAX bisa lebih santai saat berkendara, sehingga Motor Matic NMAX cocok digunakan untuk menempuh rute jarak jauh.

Banyak pengendara NMAX berasal dari kalangan orang yang suka melakukan kegiatan touring jarak jauh, selain posisi duduk yang nyaman dengan posisi riding yang santai, tenaga mesin NMAX dengan kapasitas 155cc dirasa cukup mumpuni untuk menunjang aktivitas keseharian dan juga untuk melakukan aktivitas touring sebagai hobby.

Karakter pengemudi, gaya mengemudi dan berat badan pengguna motor NMAX tentunya berbeda dan tidak bisa samakan, sehingga berbagai modifikasi dilakukan untuk memaksimalkan performa motor NMAX agar lebih sesuai dengan kondisi dan karakter rider NMAX itu sendiri.

Roller Nmax

Trend modifikasi CVT pada Motor Matic NMAX menjadi sangat populer dikalangan penggunanya, karena upgrade CVT NMAX lebih simple, minim resiko dan lebih murah dibandingkan dengan melakukan modifikasi mesin NMAX, ECU dsb.

Modifikasi CVT motor NMAX yang pertama kali dan paling sering dilakukan adalah mengganti roller bawaan standar NMAX dengan roller racing, disebut roller racing karena berat roller lebih ringan atau lebih berat dari standar bawaan pabrikan yang dihitung dengan satuan gram.

Dengan kondisi mesin NMAX standar, banyak yang mengganti roller NMAX standar 13gram original meggunakan roller lebih enteng 2 sampai 3 gram, menjadi 11 sampai 10 gram. Lalu merek roller apa yang paling bagus buat NMAX? Misal merek roller A berat 11 gram dan merek roller B berat 11 gram performanya bagaimana? Jawabannya sama saja, berat 11 gram merek A dan B akan menghasilkan efek perubahan performa yang sama. Yang membedakan merek roller A dan roller B adalah kualitas bahan material roller nya, mana yang lebih awet, merek itulah yang lebih bagus. Kesimpulannya, mengurangi berat roller atau menambah berat roller CVT dengan menggunakan merek roller CVT apapun dengan berat roller yang sama akan menghasilkan performa yang sama.

Roller NmaxSekarang kita akan membahas sedikit mengenai  cara kerja komponen CVT dibagian puli depan / puli primer pada motor matic NMAX yang berhubungan langsung dengan komponen roller CVT: Roller weight CVT terdapat didalam rumah roller / variator dan berfungsi untuk menekan variator ketika menerima gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh RPM putaran mesin yang semakin meningkat.

Roller Nmax

Posisi roller CVT akan berada ditengah pada saat motor dalam kondisi idle stasioner/ diam / low RPM (posisi roller berada mendekati sumbu poros variator / bushing variator / bos rumah roller) dan kemudian seiring dengan putaran mesin yang semakin meningkat, gaya sentrifugal akan terjadi dan membuat roller CVT bergerak keluar menjauh dari sumbu poros variator / rumah roller dan mendorong variator CVT bergerak kearah luar yang kemudian akan menekan naik sabuk V-belt pada puli CVT primer / Puli CVT di bagian depan.

Efek jika roller CVT NMAX yang anda gunakan lebih enteng (berpatokan dari roller standar bawaan pabrik 13 gram) maka roller akan terlempar keluar dengan lebih cepat untuk menekan variator, efeknya torsi awal motor matik akan lebih spontan meningkat, tetapi variator (Primary sliding sheave) tidak akan dapat menekan V-Belt naik keatas demgan maksimal karena bobot roller yang lebih ringan, sehingga nafas menjadi lebih pendek yang efeknya akan mengurangi top speed motor NMAX anda. Sebaliknya jika anda menggunakan roller lebih berat pada mesin NMAX standar,  maka akan terjadi sebaliknya, tarikan awal NMAX akan menjadi lebih berat atau lebih lemot, walau nafas bisa lebih panjang saat di kecepatan puncak, tapi butuh jarak yang cukup panjang dan sangat tidak efisien digunakan pada rute kondisi jalan macet atau stop and go seperti diperkotaan dengan kondisi lalu lintas yang padat.

Menggunakan roller terlalu enteng dan terlalu berat sama dengan tidak efisien. Sehingga modifikasi roller dengan kondisi mesin NMAX standar yang sering direkomendasikan adalah hanya turun 1 sampai 3 gram, tetapi setiap gram dari berat roller yang anda turunkan tentunya memiliki efek seperti ilustrasi diatas, tambah torsi atau top speed? Harus ada yang dikorbankan.

Bagaimana caranya memaksimalkan torsi tarikan awal dan top speed akhir pada motor NMAX standar tanpa mengorbankan salah satunya?

Roller Nmax

Instal roller CVT Fenrir F4 untuk NMAX, karena tidak hanya berat roller saja yang disesuaikan untuk motor matic NMAX, tetapi variabel dimensi sudut derajat puli primer bagian depan yang terdiri dari rumah roller dan puli kipas pun ikut mengalami penyesuaian, karena roller CVT Fenrir dengan kode F4-RR1 untuk motor matic NMAX juga dilengkapi dengan ring CVT Fenrir F4 yang dirancang khusus untuk memperluas modulasi / rasio pada puli primer motor NMAX, sehingga torsi tarikan awal NMAX dapat ditingkatkan dan nafas dari putaran menengah hingga mencapai kecepatan puncak / top speed dapat dimaksimalkan dengan seimbang.

Saat instalasi roller CVT Fenrir F4 pada motor matic NMAX, pastikan komponen pendukung CVT NMAX lainnya dalam kondisi baik, karena kerja roller CVT dipengaruhi dengan berbagai komponen CVT lainnya yang menjadi kesatuan.

  • Pastikan variator/rumah roller NMAX dalam kondisi baik dan tidak mengalami keasusan.
  • Periksa kondisi slide piece / karet slider motor NMAX anda pada saat pemasangan roller Fenrir F4, ganti dengan slide piece Fenrir F3-SY1 untuk motor NMAX jika karet slider lama sudah oblak / rusak.
  • Pastikan grease CVT /gemuk CVT pada rumah roller / variator masih dalam kondisi layak pakai dan tidak kering, bersihkan dan lumasi kembali dengan grease CVT Fenrir F5 bila diperlukan.
  • Pastikan seal rumah roller CVT dalam kondisi prima dan tidak mengalami kebocoran, jika permukaan seal sudah mulai mengeras dan ada indikasi keretakan, lakukan penggantian!

Gunakan Performace Roller Plus Fenrir F4 (PRP F4) yang dirancang khusus untuk memaksimalkan tarikan dan top speed motor matic NMAX anda! Simpel, aman, PNP, dan dijamin efektif.

Spesifikasi lengkap tentang Roller NMAX Fenrir F4, (Silahkan Click gambar dibawah)

Roller Nmax

Spesifikasi lengkap tentang Slide Piece NMAX F3, (Silahkan Click gambar dibawah)

Roller Nmax

Spesifikasi lengkap tentang CVT Grease NMAX F5, (Silahkan Click gambar dibawah)

Roller Nmax

Fenrir Engineering – Engineering Solution

www.fenrir.id

Posted in News and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *